FBT LG 14″ terbakar …..

LG 14"

Ketika sedang terlelap … samar-samar terdengar seseorang berteriak asap …. keluar asap dari tv. sontak aku terbangun, benar saja istriku lagi panik karena TV LG 14″ yang lagi dotontonnya di kamar kami mengeluarkan asap.

dengan cepat istriku mematikan tv, dan ruangan udah bau terbakar yang sangat menyengat ….

Istriku bercerita kala dia asyik nonton tiba layar mengecil dari kiri dan kanan …. trus tiba-tiba keluar asap dari bodi tv.

kuputuskan untuk memeriksanya esok hari krn ngantuk skale …. tp aroma terbakar blm hilang jg dari kamar, blower yg ada di dapur sy nyalakan untuk membuang udara keluar. setelah aman barulah kami tidur kembali.

Esoknya dengan modal nekat sy bongkur tu tv krn sdh penasaran apaan yg bikin si LG ini merokok di tengah malam. Begitu terbuka aroma terbakar menyengat langsung tercium¬† … pandangan sy langsung terfokus pada body FBT yang tampak ada gumpalan seperti lelehan plastik.

Mungkin ini penyebabnya krn sekilas nampak komponen lain tdk ada yg mencurigakan. Segera tanya om gugel tentang FBT yang suka merokok tengah malam ini.

FBT 6174V-8005C V1

Akhirnya setelah yakin bahwa si FBT yg rusak, langsung menuju dewi sertika depok ke toko langganan. eh lupa kodenya, yah terpaksa balik 2 hari kemudian dgn membawa catatan kode fbt : 7641Z-8005C … ternyata si koko ngga punya persis spt yg sy sebutkan.

stok yg ada cm 7641V-8005C V1 …. balik lagi deh tanya om gugel dulu daripada salah beli ….. esoknya balik lagi bayar bawa pulang.

Malamnya langsung beraksi …. sedikit perlu kesabaran untuk memasukkan pin fbt ke dalam lubang, setelah semua pas di lobang tinggal dorong dan blesek …… masuklah semua.

solder dengan timah panas …. selesai …. tarik nafas ….

Beranikan diri untuk nyolokin kabel ke stop kontak … dan …. lho kok gelap semua? … ambil remot kencengin volume … o … ada suara berarti tinggal atur focus & scrennya …. dan yesss …. mulai menunjukkan hasil ….
sekarang maknyus kembali spt semula. coba nyalain satu jam, matiin dan raba TR h …. aman masih bisa dipegang.

Demikianlah kisan FBT 7641Z-8005C si LG 14″ yang tiba2 merokok di tengah malam … semoga bermamfaat.

Leave a Reply nyok ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s