TV TUNER PROBLEMS

tuner2

TV Tuner

Wessss ….. judulnya ngeri euy …. he he he … kayaknya gimana gitu …. Ide tulisan ini muncul setelah beberapa bulan terahir ini kenikmatan menonton TVku sedikit terganggu dengan datang hilangnya gambar bintik2 di TV.

Semula aku pikir ini hanya masalah Jack/colokon antena yang putus, setelah dibongkar dibetulin dan dipasang ternyata tidak ada perubahan. Untuk mendapatkan gambar yang bagus harus digoyang ke kiri dan ke kanan. Sampai kapan …..

Akhirnya dengan modal nekat kubuka deh tu TV, putar sana putar sini dan upss …. terbuka …. eh tiba-tiba muncul ide kenapa ngga coba di TV satunya, kali aja memang kabelnya yang bermasalah ….

tuner0

Jeroan Panasonic 21 Inchi

Setelah dicoba ternyata ngga ada masalah …. berarti bener, ada yang ngga beres nih pada si Panasonic 21 ku.

Kembali ke Panasonic …. semuanya telah terbuka, bingung d mau ngapain …. akhirnya nyalakan komputer browsing sebentar ketemu deh blog yang mengupas tentang TV Tuner bermasalah ….

Baca-baca sebentar, ada gambaran …. panasin solder, buka d tuh Tuner …. ternyata bener sodara2, solderan input antenanya longgar/kering. Pantes saja harus di goyang dulu baru nikmat ….. he he he …

tuner

Soldering kering/retak

Selesai solder sana sini, pasang lagi, nyala in TV dan ….. wessss …. gambarnya pelan-pelan muncul dan bening seperti baru lagi ….

4 comments on “TV TUNER PROBLEMS

Leave a Reply nyok ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s