Rakitan pertamaku LM1875 dan LM3886

forBLOG

LM3886

Setelah bereksperimen dgn LM 1875 untuk Power Amplifier, skr saya coba dengan LM 3886. Mencari IC ini di depok sungguh luar biasa susahnya, setelah tanya sana sini surfing di google akhirnya saya temukan juga orang yang menjual paket Lm3886 beserta PCBnya di kota legenda cibubur.

Sebetulnya untuk pemula IC ini terbilang mahal, untuk sepasang  IC plus PCB mono  dikasi harga Rp 90.000, murah seh ya …. Untuk komponen saya pake yang biasa aja dulu, karena  misi saya hanya ingin rakitan ini mengeluarkan suara dulu sisanya nanti belakangan …..

Sebelumnya saya juga sdh membuat PCB sendiri dengan mencontek layout PCB yang banyak bertebaran di internet, tp susah ngecocokin dengan kaki IC, apalagi ICnya belum punya lagi …. beberapa teman menganjurkan untuk menggunakan diptrace tp tetap aja saya ngga bisa, nyari tutorialnya aja sampe sekarang belum ketemu neh ….

Lm1875 ala kadarnya ......

Gbr diatas adalah rangkaian power LM1875 yg berhasil sy rakit sbg pemula dengan memanfaatkan casing & trafo donat power bekas ampli yang sdh rusak.

pcb

PCB & ICLM3886

Skema Lm3886

"Gainclone" Setelah dirangkai dengan komponen standar

Trafo donat bekas .....

3_WP

Setelah di rakit dgn casing bekas

Suara yang dikeluarkan oleh rangkaian ini ….. mantaps …. itu baru pake komponen yang biasa, gimana kalo pake komponen yg rada mahalan dikit? ngaruh ngga ya …?

Hmmmmmm ………

Uprgrade1

Upgrade awal dgn mengganti Elco, total 4x10.000uf/50v

65 comments on “Rakitan pertamaku LM1875 dan LM3886

    • Ha ha ha …. iya lae, sudah sy masukin tuh di sub equipment “Subwoofer”
      nanti yg LM3886 sy masukin jugalah kali aja ada teman2 yg lebih mantap rakitannya ….

      Oke lae … trimakasih ats kunjungannya …..

  1. manthep bang ale, di nikmati dulu suara yang pake komponen standard ini…, nanti bruupgrade pelan2x pake yang audigrade… dijamin bikin geleng2x…..

    • Mas ady …. trimakasih tlh mampir ….
      Iya ni mas, tp sy msh bingung apa aja yg musti di upgrade neh …
      terahir br sy benahin di bag PS dgn menambah elco 2 lg, total jd 4×10.000uf biar lownya agak empukan dikit …

      Terus di bagian output ke speaker jg sy coba tambahin coil tp sy blm dpt perbedaannya ….

      Mas ady pernah merakit lm3886 juga? dimana kita bisa lihat ? blognya gitu ….?

  2. sesuai saran saya diawal, di nikmati dulu aja…, nanti kalo dah kenal karakter suara-nya baru deh ambil ancang2x upgrade, sehingga improvemnt bisa langsung dideteksi dan dikenali…

    urutannya upgradenya biasanya dimulai dengan perbaikan supply/PSU;

    - replace diode bridge dengan diode rectifier dengan type Fast/Ultra Fast soft Recovery semisal, MUR460 (sekitar 5rebuan sebiji), MUR 860 (sekitar 20rebuan sebiji), SF4007 dll
    - kalau ada, dan bisa dapet tambahkan oil-can capacitor di ujung PSU
    - Menambahkan rangkain snubber di ujung PSU
    - replace 2x 1000uF/50V yang di PCB GC dengan 2200uF/50V (cari elko yang bagus, jangan yang aspal)

    di bagian signal
    - replace Rin 1K & Rfb 22K/1K dengan audiograde Resistor, silahkan di pilih mo pake R karbon atau Metal film

    nah kayaknya ini dulu bang ale..

  3. Wah mantaps neh …..komplit banget & ini yg sy tunggu ….
    Kynya mas Ady faham banget dgn GC …. sayang sekali kita g bisa lihat proyeknya mas Ady ….

    Okelah mas Ady …. nanti sy kabari lg/Update
    apa saja yg sdh sy upgrade …
    Trimakasih mas ….

  4. mas saya mo tanya…saya punya speker subwofer simbada CST 5000, kdng klo volume suara saya naikin tiba2 dengung trus suara lagunya jdi hilang jdi dengung aja yg kedengeran….klo saya matiin trus nyalain lagi ilang tpi nanti gitu lagi mas,kira2 komponen apa yg perlu diganti biar gak gitu lagi mas ???

  5. Sama2 Mas…Thanks atas informasinya, saya juga pemula ko mas, malah saya mo coba ngerakit amplifier gitar sama efeknya mas, Tutorial sich dah dpt cuma tinggal jln beli alatnya yg males mas he3x…Oh iya mas punya tutorial ngerakit power supply 48 VDC ga? saya pgn ngerakit ampli gitar pke IC LM1875 20w…..klo ada kirim ke email yach mas,Thanks sebelumnya…..

    • Saya ngga punya e mas ….
      Biasanya sy beli papan PCB trus sekalian ama komponen yg tertulis di PCBnya
      tinggal pasang jadi deh …. yang penting ngerti polaritasnya aja di jamin aman deh …

  6. bisa minta gambar pcb untuk powersupplynya ndak mas ?
    saya baru mau coba bikin amply pake lm3886 juga nih. baru blajar nyolder
    terima kasih.

  7. maaf pak ale,
    itu yang kuning-kuning yang masuk di 2u2 apa ya ? apakah itu oil cap ?
    terima kasih untuk infonya ya.

    • Oil cap? kayaknya bukan deh pak …. itu cap biasa merk AUDIOPHILER yg 3 ribuan.
      semua komponen msh pasaran, tujuan utamanya biar bunyi dl, nanti br di upgrade.

  8. Bang saya tertarik neh pengen ngerakit LM 3886 juga kasi tahu dong bang daftar komponennya and trafonya pakai berapa ampere ya kalau mau rakit stereo, soalnya saya pemula banget gara gara sering baca solgegio jadi ketagihan ngerakit neh. Mohon bantuanya.

    Salam dari bali
    Wayan Arta

    • langsung serching aja bro … banyak yg jual tuh
      daftar komponen bisa baca di body atas PCB nya trafo bisa 4a atau lebih kali ya …

  9. bang klo mau tau rangkaian amp dr mulai gitar sampe speaker bisa d liat di mna ya bang?
    ane lum paham betul.
    masalahnya ska ada komponen tambahan yang blom di mangerti nih…

  10. saya tertarik dengan LM3886. tapi saya belum menemukannya di surabaya.
    teman2 ada yang tau gk, dimana saya bisa mendapatkan IC tersebut

  11. lam,.. kenal smua,.. bro.. aku masih awam nih mo nannya ? tolong di kasih pencerahan !
    gimana sih prinsip dasar menggabukan dua power secara paralel, dengan harapan daya power menjadi duakali lipat..!
    apa cukup dua power kita gabungkan masing masing line nya saja, atau ada penambahan komponen secara khusus…!

    okey sekian aja makasih mua…!

    • ieisch …. trimakasih sdh mampir …. maaf sy tdk bisa jawab, namanya jg pemula …. sy cuma bisa beli kit, baca manual solder sana sini selesai deh … mungkin rekan2 yg lain bisa jawab … silahkan ….

  12. omm.. kalo boleh saran input capsnya gak usah dipake langsung aja di jumper biar suaranya lebih transparan.. kan sayang pake input merk audiophiler suarannya kering kerontang.. heheheh.. lagi pula mau pake capasitor input merk deulund masih lebih bagus gak pake kok.. hehehehe

  13. Dear Ms Ady,

    Salam kenal, nama saya bayu, masih terkait dengan speaker aktif juga, saya dirumah membuat rakitan Subwoofer aktive, dengan kriteria sebagai berikut :
    1. Kit PCB menggunakan Gemus, (cuma saya lupa serinya berapa, hehe)
    2. Elco menggunakan rubycon 10000micro, 50V
    3. Final menggunakan Sanken, sayang serinya lupa lagi
    4. Subwoofer menggunakan Boss, seri BSC. double coil saya pasang secara paralel.
    5.Tone control saya tammbah dengan Tone Control parametric buatan Gemus.
    Pada saat low bass, kok subwoofernya kayak gak kuat gitu,,,,,,terutama untuk tipe2 musik hiphop yang menggunakan low bass. Jadi suarane jadi aneh.Itu pengaruh apanya ya?saya menggunakan box model lubang angin depan gitu.Gimana ya mas, biar suaranya bisa lebih maksimal?

    • Salam kenal kembali mas romy … suara bass kalo ngga pake tonecontrol ya flat gitu mas … Setelah pakai ToneControl lumyanlah, setelah mencicipi ke duanya saya lebih cenderung suka detailnya si unyil Lm1875, paslah di kamar, volume ngga perlu kencang tapi detail bunyi2an alat musiknya keluar semua.

  14. tanya bang, di PCB ada posisi C yg kebalik ya? (C yg diatas signal in) cos sy pake PCB yg mirip dengan punya abang tp sy pasang C sesuai di PCB ko suaranya kurang maksimal

    • Kalo terbalik harusnya mleduk ya … katanya sih suara g maksimal banyak faktor, bisa PSUnya, speker dll. Saya pake komponen standar trus PSUnya 5A, elkonya 4x10000uf, speker 2×8″ lumayan kok …

    • itu yg di pcb abang kan C warna putih harusnya (-) diganti pake tanda spidol (+) gmn? diatas signal in

    • Berapa ya … kecil kok, sekitar 5x10cm an kali ya … sekarang banyak kok yg jual begenian di kaskus. agak ribet kalo 2 pcb. mending yg 1 pcb stereo. Malas masang, ngebor pendingan dll.

    • Oke Mas Windu …. trimakasih sdh mampir.
      Nanti sy posting penampakannya. Suaranya gimana ya …? ini soal selera sih, kalo dulu sy sukanya jedug cisss … sekarang kayaknya lebih senang yang flat dan detil, suara alat musiknya keluar semua.

Leave a Reply nyok ...

